Sunday, April 7, 2013

Tenyata Penyakit Jantung Bisa Menyerang Remaja

Jantung adalah bagian terpenting bagi manusia, bila jantung tidak bekerja dengan baik maka akan berakibat fatal. Banyak orang beranggapan bahwa penyakit jantung lebih rentan menimpa orang tua yang berusia >40 tahun, faktanya penyakit jantung bisa menyerang remaja.
Meskipun sesaat, serangan jantung bisa menyerang kapan saja dan siapa saja, tidak terkecuali para remaja. Gaya hidup yang serba instan, kurangnya kesadaran akan pentingnya olahraga serta kurangnya istirahat, dianggap menjadi penyebab utama penyakit jantung.
Menjaga kesehatan jantung bisa dimulai dengan gaya hidup yang sehat, salah satunya dengan mengkonsumsi makanan yang sehat bagi jantung, Berikut Beberapa makanan yang bersahabat dengan jantung.
1. Makanan yg mengandung Omega 3
Makanan yang kaya Omega 3 diantaranya: ikan salmon, oatmeal, kacang merah dan kacang hijau.
2. Sayur mayur yang kaya serat dan vitamin
Makanan yang kaya serat dan vitamin diantaranya : wortel, bayam, brokoli, tomat.
3. Buah-buahan, seperti belimbing semangka dan pepaya.
4. Coklat
Asalkan tidak dikonsumsi secara berlebihan, coklat baik bagi kesehatan karena dapat menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh
5. Teh hijau
Untuk menghindari terserang penyakit jantung, kita harus mengurangi makanan yang menhandung lemak trans dan lemak jenuh serperti segala jenis gorengan, mentega, margarin, santan dan jeroan. Lemak trans dan lemak jenuh yang tinggi kolesterol ini sulit terbakar dan dapat meningkatkan tekanan darah dan mengganggu funsi jantung.
Selain itu, penderita penyakit jantung harus membatasi asupan garam. Perlu diketahui, selain garam dapur ada makanan yang rasanya mungkin tidak asin tetapi mengandung garam tinggi seperti sosis dan makanan kalengan.
Tentunya selain menjaga makanan untuk menghindari penyakit jantung kita juga perlu berolahraga. Jangan lupa untuk mengendalikan berat badan agar tidak mengalami kegemukan atau obesitas. Karena oebsitas membuat seseorang lebih rentan terserang banyak penyakit terutama penyakit jantung, dan hindari stres.

No comments:

Post a Comment