Sunday, March 31, 2013

Kenapa benda langit bisa jatuh kebumi?

Masih ingat peristiwa meteor yang menghantam bumi di pegunungan Ural, Rusia atau jatuhnya benda langit sebesar 10 meter  di wilayah Laut Bone Sulawesi. Peristiwa tersebut dikarenakan adanya persimpangan antara benda benda langit dengan bumi. Diluar orbit bumi memang banyak sekali benda langit, mulai dari bintang, galaksi, satelit dan asteroid. Ada jutaan benda-benda langit yang terbang tidak beraturan selain itu ukurannya bermacam-macam. Jadi adakalanya benda tersebut akan berpapasan dengan bumi bahkan masuk kedalam orbit bumi.
Ketika terjadinya persimpangan itulah meteor berukuran kecil yang bersinggungan dengan atmosfer bumi, meteor tesebut akan terbakar dan habis sebelum berhasil menghantam bumi. Peristiwa tersebut sering disebut dengan bintang jatuh. Tapi jika meteor berukuran besar, meeor itu tidak habis terbakar dan bisa mengantam bumi. kejadian jatuhnya meteroid sangat jarang terjadi. 
Lokasi jatuhnya meteroid yang dikenal sampai sekarang adalah berringer crater (gambar disamping) yang terletak di Arizona, Amerika Serikat.Berringer crater dulunya bernama Canyon Diablo Crater. Hingga saat ini berringer crater masih banyak dikunjungi wisatawan.
Tumbukan terbesar bumi dengan benda lengit rejadi 65.000.000 tahun yang lalu, di Semenanjung Yucatán, di tenggara Meksiko. Tumbukan ini mengakibatkan iklim dibumi berubah drastis dan dipercaya sebagai penyebabnya punahnya dinosaurus.

Sumber ; Tau gak sih trans7

No comments:

Post a Comment